Happy Hunting Papandayan

Pada 21-22 May 2010 yang lalu, saya mengikuti hunting foto bersama komunitas fotografi alumni sma ke Papandayan.

Ini adalah kali pertama saya ke gunung papandayan yang terletak di Garut, Jawa Barat. Hunting ini benar-benar diatur sedemikian rupa agar semurah dan sesimple mungkin. Bagaimana tidak, kami berangkat pukul 11 malam dari Jakarta dan singgah di Bandung terlebih dahulu untuk menjemput teman-teman yang dari Bandung. Perjalanan pun langsung dilanjutkan ke Garut. Sampai di garut sekitar pukul 4.30 pagi dilanjutkan dengan istirahat sebentar dan langsung hunting sunrise, setelah hunting sunrise kami pun bersiap untuk sarapan pagi ala kadarnya sebelum mulai mendaki

Mendaki kami mulai sekitar pukul 7.30 dan sampai di ladang salada sekitar pukul 10.40. Setelah istirahat sejenak dan foto-foto, kami pun langsung turun. Sesampai di bawah dan istirahat sejenak, kami langsung berangkat mencari rumah makan untuk makan siang. Setelah makan kami pun langsung bertolak ke Bandung dan dilanjutkan ke Jakarta, simple bukan perjalanannya 😀

Layaknya hunting, sepanjang perjalanan semua peserta selalu siap sedia dengan ‘gear’ nya, mulai dari bongkahan batu, kawah-kawah belerang, gunung, sungai kecil sampai orang-orang lewat tidak luput dari jepretan para peserta, pun pose-nya bermacam-macam, dari berdiri normal, jongkok, nungging sampai baring dilakoni oleh para fotografer ini, termasuk saya 🙂 memang terlihat sangat aneh dan lucu bagi orang-orang yang kurang mengerti dunia fotografi tapi bagi kami yang hobinya fotografi, melakukan hal-hal tersebut tidak merasa risih atau canggung jika memang untuk mendapatkan hasil jepretan yang memuaskan, justru sangat nikmat rasanya, kadang sampai lupa kalau di dunia ini bukan hanya kami yang hidup tapi ada orang-orang lainnya juga 🙂

Gunung Papandayan sangat cocok bagi pendaki pemula, jalurnya yang cukup bervariasi mulai dari area yang panas gersang berbatu, kawah-kawah belerang yang menyembulkan asap dan bau menyengat sampai hutan-hutan kecil sangat menarik untuk dilewati, jalurnya pun relative ringan dan mudah dicapai. Tidak seperti pengalaman saat saya mendaki Gunung Gede yang recovery-nya sampai 5 hari 🙂 waktu sehabis mendaki papandayan malah hampir tidak ada proses recovery. Saya malah lanjut nonton final liga champion sesampai di Jakarta tanpa tidur sedikitpun, pun minggu siangnya saya sempat main futsal juga 😀 besoknya masuk kantor seperti biasa, hanya ngantuk saja karena kurang tidur 🙂 jadi kata-kata saya di atas yang mengatakan jalur pendakian gunung papandayan yang ringan dan mudah dicapai memang terbukti.

Bagi teman-teman yang belum pernah ke gunung papandayan, siapkan waktu dan fisik anda untuk bisa juga menikmati indahnya alam papandayan.

Beberapa hasil hunting saya

This entry was posted in Traveling. Bookmark the permalink.

8 Responses to Happy Hunting Papandayan

1. jatnika hadiyatna says:

Papandayan adalah maha guru yang bisu… 2 pekan DIKLATSAR MPKA RIMBAWAN thn. 91 … mendidik para rimbawan2 ( Fak. Kehutanan Unwim/AIK) .. pondok saladah.. tegal alun adalah kawah candradimuka MPKA “R” mendidik kami jadi para menjadi seorang kelana dan menjadi profesional di bid. kehutanan…. mungkin sudah belasan kali kuinjakkan kakiku, ku takan bosan… suatu saat anak istriku harus kenal denganmu… .. I.. love..Miss.. PAPANDAYAN….

• untung09 says:

Iya Mas, saya ingin meralat kata-kata saya yang mengatakan papandayan kurang menantang..yang saya jalani waktu itu hanya sedikit bagian dari gunung ini, papandayan memang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri

2. cimay craft says:

dari foto yg diambil.. papandayan sangat mempesona ya?
    ciprut blm pernah kesana.

• untung sihombing says:

benar…viewnya sangat indah, rata2 kalo naik gunung pasti bakal dapat view yang indah, surya kencaya nya gn gede juga keren 😀
      dateng aja kesana, nikmati indahnya alam indonesia ini..selagi masih bisa 😉

3. Aku harus kesana, entah kapan tapi harus dan pasti 🙂

4. kita bisa camping juga yaa disana? terus terang saya belum pengalaman naik gunung dan pingin banget naik gunung,jadi kalau sampai terealisasi kayaknya itu bakal jadi pengalaman yang menyenangkan…..membayangkannya saja udah bikin deg-degan. 🙂

• untung sihombing says:

bisa camping kok dan banyak teman2nya disana, papandayan pilihan yang sangat tepat bagi pendaki pemula..trek nya ga begitu berat dan cukup pendek jadi tidak butuh effort dan persiapan yang ribet. yang paling penting, pemandangannya indah dan udaranya segar, kecuali pas lewat kawah2 belerang yang baunya menyengat