Musikal Laskar Pelangi

Rabu malam yang special, saya akhirnya memasuki yang namanya Taman Ismail Marzuki (TIM), tidak main-main lagi, untuk nonton drama musical laskar pelangi 😀

Pukul 6 kurang sudah sampai di TIM dan sedikit kagok sewaktu memasuki TIM, maklumlah ini kali pertama saya memasuki tempat ini. Tak disangka, ternyata sudah banyak yang ngantri menunggu pintu dibukakan pada pukul 6 tepat, semua ingin segera mendapatkan tempat duduk terbaik untuk menyaksikan aksi para seniman drama musikal laskar pelangi ini.

Saya sempat kesal saat mengantri, cukup lama menunggu karena pemeriksaan yang sangat ketat..ternyata ada pak boediono juga yang akan ikut menonton sehingga tidak seperti biasanya seperti dikatakan salah seorang petugas, mungkin karena merasa tidak enak sudah membuat banyak orang bermuka masam karena pemeriksaan yang sangat ketat bahkan boleh dibilang keterlaluan. Sempat terucap dari mulut ini tidak mau nonton lagi karena bayar cukup malah ehh malah diperlakukan seperti ini, harus berdiri dan menunggu lama.

Akhirnya saya pun memasuki ruang pertunjukan, saya sebenarnya berniat untuk mengambil beberapa foto tapi ternyata tidak boleh dan saya harus menitipkan kamera atau baterenya ke panitia, benar-benar menyebalkan 🙂

Saya membeli tiket di kelas 2, sebenarnya dibelikan teman dengan memanfaatkan promo buy 1 get 1 free kartu kredit. View-nya cukup enak walaupun masih terlalu agak jauh, paling tidak sudah lebih baik dari kelas 3 yang lebih jauh lagi view-nya dan menurut teman-teman yang disana, beberapa spot terhalang pilar sehingga tidak bisa melihat dengan jelas ke panggung.

Menunggu cukup lama, akhirnya pertunjukan dimulai. Wow!! Benar-benar pementasan yang luar biasa, dari sejak awal sudah terlihat skill menari, bernyanyi dan acting yang luar biasa dari para seniman yang tampil malam itu, penataan panggung dan semua sarana pendukungnya pun luar biasa rapi dan kreatif ditambah iringan orkestra yang dipimpin Erwin Gutawa yang benar-benar membuat suasana pertunjukan begitu hidup. Sejak awal semua penonton sudah dibuat sangat terpukau dan benar2 terbius untuk duduk diam menikmati pertunjukan malam itu.

Mirip dengan filmnya, awal pertunjukan ditandai dengan Ical dewasa yang datang ke Belitong untuk mengenang kembali masa lalunya yang indah disana, kemudian flashback ke masa lalu yang diawali oleh celotehan para buruh PN Timah dalam formasi menari dan bernyanyi tentang nasib mereka yang tidak akan bisa berubah, akan tetap seperti itu walaupun bersekolah sehingga mereka mentertawakan orang-orang yang bersekolah/ menyekolahkan anaknya.

Sangat berbeda rasanya cerita laskar pelangi dimainkan secara theatrical, nyanyian serta tarian para seniman malam itu ditambah penataan panggung yang apik benar-benar membawa saya larut dalam menikmati setiap pesan yang disampaikan, dan memang sangat sarat pesan-pesan moral sampai-sampai sesekali air mata ini mau keluar rasanya, sangat menggugah hati dan perasaan saya, tidak terbayang bagaimana rasanya Pak Boediono yang menonton di barisan VVIP, beberapa pesan sangat menohok beliau sebagai pemimpin bangsa ini.

Pertunjukan berlangsung cukup lama, diselingi dengan istirahat sekitar 20 menit dipertengahan pertunjukan.
Saya pribadi sangat-sangat puas dengan pertunjukan malam itu, pun beberapa teman-teman yang sempat saya tanyakan pendapatnya, rasanya ingin nonton teater seperti ini lagi, rasanya beda banget nonton live seperti malam itu.

Salut dengan para seniman dan semua yang terlibat dalam pertunjukan malam itu.. bangga rasanya memiliki para artis yang luar biasa skillnya di Negeri yang boleh dibilang kurang menghargai seniman dan hasil karya mereka ini. Tak sabar menunggu pertunjukan serupa berikutnya

Sehabis nonton, beberapa dari rombongan kami singgah di nasi uduk/ bubur cikini yang terkenal itu..malam yang sempurna ditutup dengan hidangan yang nikmat..

Advertisements
This entry was posted in Other. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s