Trip ke Pulau Sangiang

Kali ini saya pergi ke pulau sangiang, sebenarnya trip ini untuk para diver makanya kurang tertarik untuk ikut awalnya karena belum punya license buat diving.. tapi ga peduli ahh, tujuan saya pengen liat tempat baru, suasana baru, bisa moto2 dan mengisi wiken..daripada bengong di kost 😀

Trip ini hanya 1 hari, berangkat pagi dan sorenya sudah kembali ke jakarta. Pulau sangiang terletak di selat sunda, dari jakarta cukup mengikuti tol ke arah merak kemudian keluar tol cilegon barat dan ambil arah ke anyer, tidak terlalu jauh dari tol kok dermaganya, namanya pelabuhan paku.

Pagi itu kami berangkat pukul 05.30 dari daerah mega kuningan..sampai di pelabuhan sudah terasa anginnya cukup kencang dan tentunya bisa ditebak ombaknya juga cukup besar.

Pulau sangiang sudah terlihat dari dermaga pelabuhan paku, namun begitu perjalanan kesana cukup mendebarkan jantung, perahu motor kayu yang kami tumpangi sering kali kemasukan air saking besarnya ombak.

Sebenarnya sudah bisa ditebak bahwa lautnya pasti butek karena ombak yang besar biasanya membawa kotoran ataupun membuat pasir/ tanah di dasar laut terangkat ke permukaan, tapi judulnya tripnya kan diving jadi apapun itu harus tetap diving 😀

Sesi pertama dimulai sekitar pukul 10 pagi, saya awalnya hanya motret-motret tapi kemudian tergoda untuk snorkeling, untuk melihat apa sih isinya sekitar pulau sangiang.

Bawah lautnya sangat menarik, bermacam-macam coral dan ikan-ikan membuat saya ketagihan bahkan baru berhenti bersamaan dengan teman-teman yang diving. Satu kecerobohan yang saya sesali saat itui adalah, saya lupa menggunakan sunblock 😦 kulit jadinya merah-merah karna hangus terbakar matahari

Siang itu kami beristirahat dan makan siang di salah satu sudut pulau..kesempatan itu benar-benar saya manfaatkan untuk foto-foto karena memang itu tujuan utama saya 😀

Setelah istirahat cukup lama, kami memulai sesi ke-2 dan di sesi ini saya kebagian kesempatan untuk ikut diving, walau hanya discovery diving karena belum dapet license 😀

Discovery diving kali ini adalah yang kedua kalinya saya lakukan. Tidak seperti yang sebelumnya, kali ini saya menggunakan octopus (regulator cadangan) milik dive master jadi agak ribet karena pendek selangnya plus saya tidak pakai pemberat jadinya cukup menyusahkan dive master saya. Karena alasan-alasan di atas, jadinya tidak bisa lama-lama karena sulit untuk menahan tubuh saya tetap didalam air, kecenderungannya naik terus. Walaupun tidak selama discovery diving yang saya lakukan sebelumnya, tapi kali ini saya bisa sampai kedalaman 12 meter 😀

Sore sekitar pukul 3.30 sore kami sudah menyelesaikan sesi 2, rencananya istirahat sebentar di pulau sangiang, kemudian langsung bersiap untuk pulang. Tapi kapal kayu yang kami tumpangi ternyata mogok, setelah menunggu cukup lama dan kapal tetap tidak bisa diperbaiki, diputuskan untuk kami kembali ke pelabuhan paku dengan kapal kayu yang lebih kecil.

Perjalanan menuju pelabuhan paku dengan kapal kayu kecil menjadi salah satu cerita yang membuat saya berfikir 2 kali kalau mau ke pulau sangiang jika kondisi ombak cukup besar 🙂 sangat mendebarkan..kapal terbawa arus dan beberapa kali terhempas sampai serasa mau terbalik..syukurlah akhirnya mimpi buruk itu tidak terjadi dan kami semua selamat sampai di pelabuhan paku.

Kamipun segera bersih-bersih dan bersiap untuk kembali ke Jakarta. Perjalanan yang singkat tapi padat dan lengkap 😀
Saya masih penasaran dengan pulau sangiang ini, katanya kalau pakai kapal yg lebih kecil bisa menyusuri jalur laut yg berkelok menunju ke perkampungan di bagian tengah pulau. Namun perkampungan yang ada di sana sifatnya sementara, kebanyakan adalah masyarakat sekitar anyer yang membuat pondok-pondok, aslinya pulau ini tidak berpenghuni dan menurut salah satu sumber, pulau ini dianggap angker juga. Tapi siapa yang tahu, mungkin itu cuma cerita, karena itu saya sangat ingin untuk menyusuri pulau ini..tentu saja sambil foto-foto 😀

This entry was posted in Traveling. Bookmark the permalink.

6 Responses to Trip ke Pulau Sangiang

1. andrie says:

fotonya keren abis om…

2. untung09 says:

Thanks bro 🙂

3. LuckyMitha says:

kesana lagi donk om…. hehee… aku mau kesana sama temen2 tapi ga tau jalan 😦

• untung sihombing says:

hehhehe..pengen kesana lagi sihh tp blm tau kapan bisanya
      dulu juga bareng teman yang ud pernah ke papandayan beberapa kali, jadi tinggal ikut aja 😀

Gampang sih harusnya, yang penting arahnya ke Garut 😀 trus modal GPS dan tanya2 pasti gampang, well..get lost kan seru tuhh 😉