Trip ke Ujung Genteng

Awal 2012 rasanya tidak sabar untuk jalan-jalan lagi, Ujung Genteng (UG) adalah salah satu destinasi yang tidak jauh dari Jakarat yang ingin saya kunjungi dari dulu tapi sampai saat ini belum bisa terwujud. Rasanya senang sekali waktu tahu beberapa teman ingin mengunjungi UG juga dan akhirnya kami putuskan explore UG di minggu awal Januari 2012

Pilihan yang cukup beresiko karena awal tahun masih musim hujan tapi nafsu untuk jalan-jalan mengalahkan semuanya 😀

Kami berangkat jumat malam menempuh sekitar 6-7 jam perjalanan menggunakan mobil, maksud kami agar bisa mengejar sunrise, maklum karena tujuan utamanya adalah hunting foto

Well..ternyata nafsu memang tidak baik untuk dituruti tanpa pertimbangan yang matang, benar saja disana kami disambut hujan yang hampir tidak berhenti selama 2 hari. Tapi bagaimanapun kami sudah di UG dan sayang rasanya kalau tidak mendapatkan apa-apa. Setiap hujan berhenti, walaupun hanya sebentar kami akan langsung bersiap untuk hunting foto ataupun mengunjungi beberapa tempat yang memang kami rencanakan dikunjungi

Sunrise diselimuti oleh awan mendung saat kami hunting sunrise di sekitar pasar/ tempat pelelangan ikan

Pagi Mendung

Mangrove

Setelah istirahat di penginapan, ditengah gerimis kami memutuskan untuk berangkat ke curug Cikaso, sekitar 1 jam perjalanan dari pantai UG (arah pulang). Jika hujan, menuju ke curug Cikaso sebaiknya menggunakan perahu yang sudah standby disana, memang sih bayar tapi daripada kesulitan karena jalan licin dan kotor jika harus berjalan tapi kalo musim kemarau lebih enak jalan, sekalian menikmati suasana persawahan dan hutan sekitar curug

Cikaso

Sore hari beruntung hujannya mereda sehingga kami bisa mengikuti kegiatan melepas tukik di pantai Pangumbuhan

Melepas_Tukik

Anda harus mengikuti kegiatan ini, biayanya hanya 5rb rupiah per orang tapi sangat menyenangkan melepas mahluk lucu ini ke pantai bersama-sama dengan puluhan pengunjung lainnya

Tukik_Pangumbuhan

Perjalanan menuju pengumbuhan cukup rusak parah, masih bisa dilalui mobil sih tapi beberapa bagiannya digenangi air dan berlumpur, jangan bawa sedan deh, kasian mobilnya, mending naik ojeg yang memang sudah standby. Tapi naik ojeg pun pertimbangannya di ongkos karena rata-rata mematok tarif minimal 50rb rupiah untuk antar dan jemput, bahkan banyak yang tidak mau lebih rendah dari 75rb rupiah. Di jalan menuju ke peginapan kami sempat mampir di salah satu sudut pantai yang berbatu, apalagi kalo bukan untuk foto-foto, walau langit mendung tapi hujan tidak turun

Slowspeed batu

Besoknya searah jalan pulang, kami mampir ke pantai Amanda Ratu, sebuah resort yang cukup berumur kalau dilihat dari bangunan-bangunan disana. Selain cottage, ada sebuah kolam renang ukuran besar juga ditengah-tengahnya. View yang menarik adalah ke arah muara sungai yang bertemu dengan laut dengan kontur pantai yang berkarang yang cukup menjelaskan besarnya deburan ombak di pantai ini dan ada sebuah pulau kecil juga yang membuat pemandangannya tambah menarik, tapi sayang air sungainya keruh yang membuat laut seolah-olah berwarna coklat di sekitar muara ini

Amanda_Ratu

Amandaratu

Setelah puas foto-foto pemandangan sekitar Amanda Ratu, ada momen yang menarik juga saat seorang bapak mengambil nira yang disadap di kelapa-kelapa yang banyak terdapat disana

Penyadap_Aren

Perjalan ke Ujung Genteng kali ini memang kurang optimal rasanya, musimnya tidak tepat sehingga kami tidak mendapatkan suasana dan pemandangan terbaik yang ada disana. Next time pasti akan kesana lagi tapi tentu saja akan memastikan kondisi cuaca terlebih dahulu 😉

This entry was posted in Traveling. Bookmark the permalink.