Raja Ampat

Jika sebelumnya saya menulis mengenai pengalaman perjalanan menuju Raja Ampat, kali ini saya akan fokus ke pengalaman tidak terlupakan menyaksikan keindahan sebagian kecil Raja Ampat (kecil banget kalo dilihat dari begitu luasnya kepulauannya)

Dimulai dengan diving di beberapa spot yang memang sudah cukup dikenal di kalangan para divers. Jauh-jauh hari kami memang pernah berpesan ke Amel dan Almer of Urai Indonesia bahwa kami sangat ingin melihat Manta Ray, ternyata Almer sudah melakukan survey dibeberapa tempat dan mereka langsung mengajak saya ke spot diving Blue Magic karena 2 hari sebelumnya dia melihat belasan Manta, besar dan kecil, Black Manta maupun Giant Manta bermain di Blue Magic. Dengan sangat hati-hati kami memperhatikan pergerakan Manta dari kapal, arus yang cukup kuat menjadi alasan kami memastikan dulu ada Manta baru turun, daripada cape-cape tapi tidak melihat Manta. Dan mahluk besar bak bersayap itupun mulai terlihat, 1, 2 dan terus bertambah di kedalaman sekitar 10 meter, semua langsung bersiap untuk segera turun, jantung rasanya berdegup cepat antara excited dan berjuang melawan arus menuju tempat berkumpulnya Manta. Ini adalah kali pertama saya melihat Manta Ray, rasanya seperti mimpi melihat mahluk besar meliuk-liuk dengan anggun, sepertinya saya bisa merasakan mereka sedang bermain dan penasaran melihat beberapa divers di sekitarnya. Rasa penasaran dan excited membuat saya maju lebih dekat dan bahkan saya sampai berjarak sangat dekat dari ikan-ikan ini yang terus berseliweran tanpa ada rasa takut atau risih dengan kehadiran saya

Manta RayManta RayTanpa saya sadari ternyata Amel sempat mengabadikan momen saat saya mengambil foto Manta dari dekat

copyright_Amel-Urai_Indonesia

Baru dive pertama dan saya sudah terpuaskan oleh pertemuan dengan Manta, Raja Ampat memang surganya bawah laut. secara visibility memang tidak sebening waktu saya ke Bunaken tapi untuk keanekaragaman coral, ikan dan mahluk laut lainnya Raja Ampat mengungguli semuanya.

Untuk dua hari berikutnya saya dibawa ke beberapa spot diving yang menyajikan keindahan tak terlupakan, sayang sekali saya tidak punya waktu dan budget untuk explore lebih lama dan jauh lagi.

Anemon Shrimp Blue Magic Wobegong_Hiu Papua Oceanic Manta Batfish at Mike's Point Mike's Point Huge Giant Clamp

Disela-sela diving, memanfaatkan waktu surface interval saya sempat berkunjung juga ke beberapa tempat

Pulau Ko

Ko

Sorido Bay Resort

Sorido Bay

Saonek Monde yang tadinya merupakan pusat pemerintahan di Kabupaten Raja Ampat (sekarang pindah ke pulau Waigeo, kota Waisai)

Saonek Monde

Arborek

ArborekArborek

hari ketiga harus menyudahi diving karena akan kembali ke Jakarta besoknya, no flight time nya tidak akan cukup kalau dipaksa diving hari ketiga. Hari terakhir di kepulauan Raja Ampat kami manfaatkan untuk menelusuri pulau-pulau sekitar Waigeo sampai ke Kabui, The Passage dan Hidden Bay

Kabui Kabui The Passage Hidden Bay Hidden Bay

Masih banyak sekali tempat-tempat yang belum sempat di explore, mimpi untuk ke Wayag dan Misool belum terpenuhi, semoga next trip ke Raja Ampat tempat-tempat itu bisa dikunjungi 😉

Waisai

This entry was posted in Traveling. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

