Trip Alor

Setelah melihat-lihat beberapa liputan mengenai Alor rasanya ingin melihat secara langsung, terlebih lagi saya belum pernah ke NTT jadi saya pikir paling tidak lewat Alor ini saya bisa mengenal NTT lebih dekat

Dari sisi budget cukup besar sih, mengalahkan budget saya ke Raja Ampat sebelumnya tapi hasrat untuk pergi kesana ga bisa ditahan lagi 😀

Perjalanan di mulai dengan penerbangan dari Jakarta – Kupang yang dilanjutkan dengan pesawat baling-baling ke Alor. Ini pun kali pertama saya dan beberapa rekan trip ke Kupang jadi kami manfaatkan beberapa jam sebelum penerbangan ke Alor dengan keliling dan makan siang di Kupang

Bandara KupangDi resto tempat kami makan siang ternyata ada chapel dengan latar belakang birunya laut, keren banget dan langsung mellow-romantic ga jelas “pengen nikah disitu” 😀

Resto SubaSuka

Sorenya kami pun sampai di Alor, senang banget tentunya setelah sebelumnya sedikit kaget juga merasakan sensasi landing dengan pesawat kecil, berasa banget manuver pesawatnya

Bandara AlorDi Alor kami menginap di salah satu penginapan milik warga lokal, sebenarnya ada resort yang cukup terkenal disana tapi karena alasan budget kamipun memilih yang lebih bersahabat rate-nya. Malam itu kami belum sadar akan keindahan pemandangan di depan penginapan kami karena sudah gelap, waktu bangun pagi baru deh terkagum-kagum dengan indahnya pemandangan teluk dengan airnya yang tenang dan latar belakang bukit-bukit dengan kabut yang perlahan-lahan naik keatas seiring dengan munculnya sang surya

Nurfitra_Panorama1Alor yang belakangan ini banyak diliput dan dipuji-puji keindahan bawah lautnya akan segera kami lihat lebih dekat, tidak sabar rasanya menunggu kapal kayu yang kami tumpangi segera sampai di dive spots akan kami selami. Bawah laut Alor terkenal dengan visibility (kebeningan) dan arus serta ikan-ikan besar yang bersliweran dengan begitu bebasnya tapi sepertinya kami salah musim, visibility sih bening banget tapi arus dan ikan besar ternyata sedang tidak ada, ini lah pentingnya mengunjungi sebuah tempat pada waktu best season-nya walaupun pasti tetap ada yang menarik untuk dieksplor kapanpun kita mengunjungi suatu tempat. Foto-foto berikut sekiranya bisa jadi gambaran sedikit mengenai bawah laut di Alor

Priska - Alor IMG_5122 IMG_5129 IMG_5137Ichan - AlorIMG_5161

Selain bawah lautnya, saya menyempatkan diri untuk eksplor beberapa tempat, terpaksa menggunakan ojek karena kami kesulitan mencari rental mobil selain itu yang eksplor darat juga hanya 3 orang sedangkan selebihnya masih diving

Desa tradisional Takpala, yang terletak di atas sebuah bukit namun tidak begitu jauh dari pesisir pantai. Ada memiliki belasan rumah adat berbentuk limas beratap ilalang yang tertata cukup rapi di desa ini

TakpalaTakpala

Pantai Mali, salah satu pantai yang paling ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun dari luar Alor dan pantai ini cukup panjang, dapat dilihat dengan jelas dari pesawat MaliMali

Hutan Wisata Nostalgia dengan program menanam pohonnya, beberapa nama pejabat negara kami temukan di beberapa pohon yang ditanam

Nostalgia

Tidak lengkap rasanya kalau ke Alor tidak membeli kain tenun Alor, kami bahkan sempat mendatangi salah satu keluarga pembuat tenun Alor yang menggantungkan hidup mereka dan sekolah anak-anak mereka dari hasil penjualan kain tenun

Tenun TenunMengunjungi Alor selama 3 hari rasanya cukup membuka mata saya mengenai daerah kepulauan ini, tentunya masih banyak lagi yang belum sempat saya eksplor. Negara kita memang sangat kaya terlepas dari sumber alamnya tapi budaya dan keunikan tiap-tiap daerah sangat menarik untuk dieksplor lebih jauh

O iya, jangan lupa untuk minta seat di dekat jendela jika anda ke Alor dan siapkan kamera anda karena anda akan dimanjakan pemandangan indah sepanjang perjalanan

IMG_2634 IMG_2644 IMG_2656

This entry was posted in Traveling. Bookmark the permalink.